Meracau malam ini

Bicara tentang etika, beberapa waktu lalu saya lagi iseng-iseng nih keliling sub forum internasional dan nasional gitu. Ada sebuah thread yang jumlah keterbacaannya menanjak tajam dibandingkan dengan thread lainnya. Ugh, menarik juga bahasannya. Tapi terus terang sih ada beberapa pembahasan yang emang saya sedikit ngerti dan ada sebagian yang saya gak ngerti amat tentang bahasan di thread tersebut. Sebagai orang berilmu pas-pasan seperti saya pribadi, paling bener adalah diam sembari belajar dan menelaah, biar ngga jadi orang yang jumawa. Hehehe. πŸ˜€

Ada teman forumer yang memberikan ulasan dengan sedemikian lugas dan terstruktur sehingga membuat orang awam contohnya seperti saya ini bisa mengerti. Sayangnya, ada juga forumer yang dari cara bertutur katanya sungguh gak beretika. Ada.
Setidaknya ya bisa lah menunjukkan siapa sih sosok dibalik diksi dan pilihan warna serta kapitalisasi huruf. Sesungguhnya saya sangat menghargai diskusi walaupun dicumbui dengan sedikit guyonan dan perbedaan pendapat karena itu lumrah, itu jamak, itu normal. Justru itulah berkat yang harus disyukuri. Ga kebayang deh gimana hambarnya jikalau gak ada pertentangan pendapat dan semuanya berbicara dalam satu nada yang terkesan menegangkan atau bisa jadi bernada sumbang. Duh!

Oh iya omong-omong biasanya nih, bi-a-sa-nya… Sekali lagi saya sampaikan, diskusi yang baik itu harusnya tidak melakukan “Personal Attack” kepada rekan diskusi bilamana terjadi perbedaan pendapat, tidak melakukan pencemoohan, tidak melakukan tuduhan-tuduhan keji, apalagi menuturkan pelecehan lewat perkataan. Yasudeeeeeh ah, mungkin konteks kultural dan etika berdiskusinya beda kali ya? Atau mungkin yang disana tidak mengerti dan tidak memahami ttg “Netiquette” (bener ga nih nulisnya?), sehingga hal-hal yang tabu terjadi di forum diskusi online terjadi. Sayang sekali yah. 😦

Mungkin post ini sekedar mengingatkan saja, takut kebanyakan ngemeng dikira sotak-sotak. Eh gapapa sih, namanya juga berpendapat. Wajar kok selama ga nyentil sana sini. πŸ˜€

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s